Senin, 02 April 2012

Tahukah anda..? ternyata ada Museum Kentang Goreng Loo


Kebanyakan kita tak mengira, ternyata di dunia ini ada museum kentang goreng. Lokasi tepatnya di Kota Bruges, Belgia. Museum  yang dibangun untuk mengenang sejarah dan perkembangan kentang goreng. Museum itu dinamai dengan “Friet Museum”. Tak pelak, ini menjadi museum kentang goreng pertama di dunia.

Museum ini dibuat oleh keluarga Cedric dan Eddy Van Belle. Museum ini didirikan untuk menjadi museum pendidikan yang menjelaskan sejarah kentang dari awal yang sederhana di Amerika Selatan hingga ke teknik penggorengan modern sebagaimana dikenal kentang goreng saat ini.                                              
Salah satu latar belakang dan tujuan utama pendirian museum ini adalah untuk menegaskan bahwa sebenarnya kentang goreng awalnya berasal dari Belgia, bukan Prancis sebagaimana dikenal luas oleh masyarakat selama ini.

Latar belakang dan tujuan inilah yang membuat keluarga Cedric dan Eddy Van Belle merasa penting utnuk mendirikan museum untuk sekedar kentang goreng. Mereka mengaku bangga karena kentang goreng berasal pertama kali dari negaranya. Karena makanan itu sangat disukai orang dewasa dan digemari oleh anak-anak.

Selain mengungkap tentang sejarahnya, museum ini juga menyajikan aneka resep dan bumbu yang biasa digunakan untuk memasak dan menyajikan kentang goreng.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar